Tips Lancar Interview



Mayoritas orang menganggap wawancara atau interview adalah tahap paling menyeramkan ketika melamar pekerjaan. Bagaimana tidak, pelamar harus menjawab bertubi-tubi pertanyaan secara empat mata dengan calon bos, ditambah lagi tahap ini juga merupakan yang paling menentukan apakah Anda kandidat yang layak atau tidak untuk dipercayakan memikul tanggung jawab yang diberikan.

Umumnya, perusahaan hanya akan memilih calon karyawan yang lebih menonjol daripada kandidat lain. Ahli karir dan penulis buku Knockout Interview, John Lees, menjelaskan 10 tips untuk membuat diri Anda menonjol ketika melakukan wawancara kerja, mulai dari memulai percakapan sederhana hingga penutup yang luar biasa.

 

Berikut tips agar wawancara atau interview kalian lancar :

Dengar baik-baik pertanyaan yang diberikan

Ini mungkin klise, tetapi mayoritas orang ketika melakukan wawancara kerja merasa gugup dan berada di bawah tekanan sehingga tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan dengan baik dan tepat. Lees menegaskan bahwa kandidat harus senantiasa waspada dan fokus kepada pertanyaan yang diberikan sebelum menjawabnya.

Tunjukan antusiasme

Menunjukkan semangat dan gairah tinggi untuk posisi yang diincar akan membuat perekrut paham bahwa Anda benar-benar menginginkannya. Ceritakan ketertarikan pada pekerjaan tersebut dengan tegas dan penuh antusias.

Ceritakan kemampuan yang sesuai

Mungkin Anda adalah kandidat yang penuh bakat dan kemampuan. Untuk meyakinkan perekrut, ceritakan semua kepiawan tanpa memikirkan apakah keterampilan tersebut sesuai atau tidak dengan tugas posisi yang diincar. Hal ini justru membuat perekrut mencoret nama Anda dari kandidat potensial karena tidak sesuai dengan yang mereka cari. Untuk menghindarinya, ceritakanlah hanya keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang diincar.

Bercerita

Buat diri menonjol dan berkesan dengan mencgubah fakta menjadi cerita menarik agar perekrut dapat terus mengingat Anda. Untuk menghindari cerita yang berputar-putar, sebelum wawancara, berlatihlah untuk membungkus pengalaman dan motivasi dalam sebuah kisah menarik.

Beri penutup yang berkesan

Menurut Lees, hal yang akan paling diingat oleh perekrut kerja adalah kalimat pertama dan terakhir yang Anda ucapkan. "Karena itu, tutuplah percakapan dengan menegaskan secara jelas bahwa Anda orang yang tepat untuk posisi tersebut."


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Memberikan Self Reward

5 Makanan Bikin Kangen Saat Lebaran

Karier, Content Creator ?