Mayoritas orang menganggap wawancara atau interview adalah
tahap paling menyeramkan ketika melamar pekerjaan. Bagaimana tidak, pelamar
harus menjawab bertubi-tubi pertanyaan secara empat mata dengan calon bos,
ditambah lagi tahap ini juga merupakan yang paling menentukan apakah Anda
kandidat yang layak atau tidak untuk dipercayakan memikul tanggung jawab yang
diberikan.
Umumnya, perusahaan hanya akan memilih
calon karyawan yang lebih menonjol daripada kandidat lain. Ahli karir dan
penulis buku Knockout Interview, John Lees, menjelaskan 10 tips untuk
membuat diri Anda menonjol ketika melakukan wawancara kerja, mulai dari memulai percakapan sederhana hingga penutup yang
luar biasa.
Berikut tips agar wawancara atau interview
kalian lancar :
Dengar baik-baik pertanyaan yang diberikan
Ini mungkin klise, tetapi mayoritas orang ketika melakukan wawancara kerja
merasa gugup dan berada di bawah tekanan sehingga tidak dapat menjawab
pertanyaan yang diberikan dengan baik dan tepat. Lees menegaskan bahwa kandidat
harus senantiasa waspada dan fokus kepada pertanyaan yang diberikan sebelum
menjawabnya.
Tunjukan antusiasme
Menunjukkan semangat dan gairah tinggi untuk posisi yang diincar akan membuat
perekrut paham bahwa Anda benar-benar menginginkannya. Ceritakan ketertarikan
pada pekerjaan tersebut dengan tegas dan penuh antusias.
Ceritakan kemampuan yang sesuai
Mungkin Anda adalah kandidat yang penuh bakat dan kemampuan. Untuk meyakinkan
perekrut, ceritakan semua kepiawan tanpa memikirkan apakah keterampilan
tersebut sesuai atau tidak dengan tugas posisi yang diincar. Hal ini justru
membuat perekrut mencoret nama Anda dari kandidat potensial karena tidak sesuai
dengan yang mereka cari. Untuk menghindarinya, ceritakanlah hanya keterampilan
yang relevan dengan pekerjaan yang diincar.
Bercerita
Buat diri menonjol dan berkesan dengan mencgubah fakta menjadi cerita menarik
agar perekrut dapat terus mengingat Anda. Untuk menghindari cerita yang
berputar-putar, sebelum wawancara, berlatihlah untuk membungkus pengalaman dan
motivasi dalam sebuah kisah menarik.
Beri penutup yang berkesan
Menurut Lees, hal yang akan paling diingat oleh perekrut kerja adalah kalimat
pertama dan terakhir yang Anda ucapkan. "Karena itu, tutuplah percakapan
dengan menegaskan secara jelas bahwa Anda orang yang tepat untuk posisi
tersebut."
Komentar
Posting Komentar