Cara Membuat Planning Nyata
Membuat action plan yang kuat selalu dimulai dengan memiliki tujuan, visi, atau tujuan yang jelas dalam pikiran. Hal ini dirancang untuk membawa Anda dari mana pun posisi Anda sekarang, untuk langsung menuju pencapaian tujuan yang Anda inginkan. Menarik bukan?
Dengan perencanaan yang matang kamu dapat memulai perjalanan bisnis kamu sobat untuk mencapai tujuan yang telah kamu tetapkan. Lalu seringkali timbul pertanyaan bagaimana cara membuat planning yang baik dan dapat dilakukan? Yuk simak penjelasan berikut!
Spesific : Buatlah perencanaan yang spesifik. Contoh "Saya ingin membuat penjualan meningkat 90% dalam waktu 9 bulan"
Measureable : Selain spesifik perencanaan yang kamu buat haruslah dapat diukur, karena dengan begitu kamu dapat mengerti sobat apakah rencana kamu berhasil atau tidak. Contoh rencana yang dapat diukur adalah seperti rencana sebelumnya dimana 90% adalah tolak ukur rencana peningkatan penjualan yang ingin dicapai
Attainable : Membuat rencana yang dapat dicapai adalah salah satu kuncinya, jangan membuat rencana yang berlebihan sehingga akhirnya hanya membuat kamu kecewa ketika kamu tidak dapat mencapainya sobat, dengan membuat rencana yang dapat dicapai dan sedikit menantang kamu, kamu akan menjadi lebih antusias dalam menggapai tujuan tersebut.
Relevant : Tujuan yang kamu buat harus sesuai dengan visi atau misi bisnis atau hidup kamu sobat, jika tidak semangat yang tertanam saat kamu menjalankan rencana tersebut akan sedikit berkurang.
Time : "Saya ingin membuat penjualan meningkat 90% dalam waktu 9 bulan", dalam kalimat tujuan tersebut terdapat ukuran waktu yang dapat dicapai, yakni dalam waktu 6 bulan. Begitu pula dengan kamu sobat, ketika membuat rencana kamu harus menetapkan berapa lama rencana tersebut akan kamu gapai, karena dengan begitu kamu dapat terus memperbarui rencana kamu dan terus berkembang.
Komentar
Posting Komentar