Konten Youtube Menarik


Maraknya konten yang berbentuk video dan kenyataan bahwa lakunya bentuk konten yang satu ini, kita bisa perlahan-lahan membangun sebuah channel YouTube yang akan berkembang pada akhirnya.

Dalam pengembanganmu saat merangkai content plan video YouTube, pasti kamu akan memiliki sebuah ketertarikan yang akan kamu angkat nantinya. Contohnya, seperti beauty, traveling, lifestyle, toys, game dan lain-lain. Nah, kali ini, yang akan kita bahas adalah ide-ide video yang bisa kamu coba untuk membuat variasi konten video di akun YouTube, yang kemungkinan dapat menarik perhatian audiens. Berikut 15 pilihan ide video yang bisa kamu lakukan saat memulai sebuah akun YouTube.

Channel Intro

Banyak yang menganggap video intro tidak begitu penting untuk dibuat menjadi sebuah konten dalam channel YouTube pribadi. Namun sebenarnya video intro sangat berguna untuk memperkenalkan secara singkat tentang channel yang akan kamu bangun nantinya. Kamu bisa menempatkannya di bagian HOME akun YouTube buatanmu.

Video Perkenalan

Untuk membuat penonton atau subscriber mengenalmu lebih dalam, maka, buatlah sebuah video perkenalan yang bisa membuat para penonton merasa dekat denganmu. Video perkenalan ini adalah lanjutan dan versi lebih panjang dari video channel intro yang sebelumnya. Di dalam video ini, kamu bisa bebas bicara dan merangkai konten tentang segala sesuatu hal yang akan kamu buat dalam video-videomu di masa mendatang secara spesifik.

Vlog

Vlog atau Video Blog yang menjadi populer semenjak beberapa tahun lalu ini selalu berhasil menarik banyak penonton. Apalagi, jika kamu membuatnya dengan editing yang baik serta hasil visual akhir yang menyenangkan untuk ditonton. Vlog juga biasanya diisi dengan konten-konten spontan yang biasanya terjadi dalam hidupmu, atau saat kamu sedang menjalani sebuah event spesial. Sembari mengabadikannya, sembari membagikan kebahagiaannya ke penonton!

Challenge video

Ada ratusan atau bahkan lebih jenis dari video challenge yang dapat kamu lakukan. Untuk mendapatkan inspirasi, kamu bisa langsung mencari sebuah video yang menantang untukmu dan dekat dengan ketertarikanmu. Saat ini, video-video seperti Mukbang, Makeup under 100k atau bahkan Try not to laugh challenge video yang mudah dilakukan ini sering menjadi pilihan tepat bagi para YouTuber yang sedang naik daun. Joining the bandwagon is never bad!

Review

Video review atau sebuah video yang meresensi sesuatu juga menarik dan selalu dicari. Kali ini, kamu bisa lebih mengerucut pada ketertarikanmu karena nantinya, penonton yang melihat videomu bisa jadi memiliki ketertarikan yang sama denganmu. Misalnya, sebagai beauty enthusiast, kamu bisa me-review beberapa produk makeup yang sedang melejit atau bahkan makeup yang underatted untuk berbagi inspirasi dan pengetahuan tentang produk tersebut secara rinci.

Tour Video

Video yang satu ini bisa kamu eksplor dengan luas. Lewat bentuk tour video, salah satu video yang selalu ngetren di YouTube ini bisa membawa para penonton bahkan lebih dekat lagi dengan kehidupanmu. Berbagai macam tour video telah dilakukan para YouTuber kondang seperti house/apartment tour, working space tour dan room tour.

Haul and Collection Video

Dalam ketertarikan yang sudah kamu pilih, kamu pastinya sudah mulai mengumpulkan beberapa hal yang menjadi koleksimu. Nah, di dalam video ini, kamu bisa menjelaskan dan menunjukkan pada para penonton soal koleksi atau barang-barang koleksi yang baru saja kamu beli. Haul video ini bisa kamu gabungkan dengan unboxing untuk membagi excitement-nya membongkar packaging dengan subscriber dan penontonmu!

Reaction Video

Video reaksi banyak disukai oleh para penonton di YouTube karena relevansinya yang kuat. Reaction video biasanya dibuat untuk kamu memberikan reaksi secara langsung (merekam dirimu sendiri) saat melihat sebuah video lain di YouTube. Jadi, di dalam video ini, kamu seharusnya merespon video lain yang ada dan merekam segala reaksi spontan yang terjadi.

A day in the life

Seperti namanya, video ini akan menjabarkan kehidupanmu sehari-hari dengan cara merekam seluruh kegiatan yang kamu alami dari awal hingga akhir. Semacam reality show-mu sendiri, penonton akan kamu ajak untuk melewati hari-hari yang biasa kamu lewati dan merasa dekat dengan kegiatan-kegiatan yang kamu lakukan.

Draw My Life

Bentuk video ini sempat booming beberapa tahun lalu dan sampai sekarang masih banyak diminati. Untuk video yang satu ini, kamu ditantang menjadi kreatif dengan menceritakan kisah hidupmu semenjak kecil lewat gambar-gambar yang kamu buat. Tidak perlu pandai menggambar, beberapa YouTuber bahkan berhasil membuat video ini dengan gambar seadanya namun berhasil menarik amat banyak jumlah views.

DIY/Hacks

Bicara tentang kreativitas, video-video seperti Do It Yourself (DIY) dan Hacks memiliki peminat yang amat banyak. Apalagi, jika kamu kaitkan dengan keterampilanmu yang ingin diketahui banyak orang. Lewat video ini, kamu bisa mengedukasi subscriber dan penontonmu juga lho! Tentunya, dengan menawarkan value yang besar, video-video seperti ini selalu banyak ditonton!

Tutorial

Yang selanjutnya adalah video tutorial. Mulai dari cara membuat suatu makeup looks, merakit Gundam, bermain game, atau apa pun yang memiliki langkah spesifik dan sudah kamu kuasai bisa menjadi sebuah konten video tutorial yang menarik! Jangan lupa untuk memberi judul yang juga spesifik, agar lewat search engine YouTube, videomu dapat terbaca dan ditonton oleh orang yang membutuhkan bantuan tentang suatu tahapan ya!

Webinar/ Presentation

Edukasi merupakan sebuah konten video yang tidak mudah dilakukan, mungkin karena kamu membutuhkan bahan yang harus kamu persiapkan dengan matang terlebih dahulu. Untuk itu, bentuk video Webinar atau Web Seminar tidak bisa dilakukan dengan spontan. Namun, jika dipersiapkan dengan baik, value yang ditawarkan ke penonton juga pasti akan besar!

Q & A

Untuk berinteraksi lebih dengan subscriber atau penonton setiamu, kamu bisa menggabungkan engagement dari dua (atau lebih) media sosial dalam penggarapan video Question and Answer ini. Jadi, tahapan yang perlu kamu lakukan adalah melempar sebuah pertanyaan di media sosial lain seperti Instagram, Twitter atau Facebook untuk para followers-mu di platform tersebut. Baru setelah itu, kamu bisa menjawab semuanya lewat sebuah video Q & A! Jangan lupa untuk mencantumkan nama orang yang bertanya, karena mereka pasti akan lebih mengapresiasinya.

Parody videos

Nah, yang terakhir adalah video parodi. Jika kamu tertarik untuk membuat respon dari sebuah video, pilihan lainnya selain membuat video reaksi adalah untuk menggarap video parodi. Dengan menyelipkan banyak lelucon di dalam video ini, kamu bisa berkreasi dan membuatnya lewat versimu sendiri. Persiapannya memang cukup rumit, namun, dalam YouTube, tidak ada yang tidak mungkin! Dengan budget rendah dan kreativitas tinggi, kamu bisa membuatnya!

Nah, jika kamu sudah berhasil membangun akun YouTube, berkarya dengan konsisten di dalamnya dan berpotensi melakukan kerja sama dengan brand, mengapa tidak mengembangkan sayap dengan lebih maksimal?

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Memberikan Self Reward

Karier, Content Creator ?

5 Makanan Bikin Kangen Saat Lebaran