Konten Youtube Menarik
Maraknya konten yang berbentuk video
dan kenyataan bahwa lakunya bentuk konten yang satu ini, kita bisa
perlahan-lahan membangun sebuah channel YouTube yang akan berkembang
pada akhirnya.
Dalam pengembanganmu saat
merangkai content plan video YouTube, pasti kamu akan memiliki sebuah
ketertarikan yang akan kamu angkat nantinya. Contohnya, seperti beauty, traveling, lifestyle, toys, game dan
lain-lain. Nah, kali ini, yang akan kita bahas adalah ide-ide video yang bisa
kamu coba untuk membuat variasi konten video di akun YouTube, yang kemungkinan
dapat menarik perhatian audiens. Berikut 15 pilihan ide video yang bisa kamu
lakukan saat memulai sebuah akun YouTube.
Channel Intro
Banyak yang menganggap video intro
tidak begitu penting untuk dibuat menjadi sebuah konten dalam channel YouTube
pribadi. Namun sebenarnya video intro sangat berguna untuk memperkenalkan
secara singkat tentang channel yang akan kamu bangun nantinya. Kamu
bisa menempatkannya di bagian HOME akun YouTube buatanmu.
Video Perkenalan
Untuk membuat penonton atau subscriber mengenalmu
lebih dalam, maka, buatlah sebuah video perkenalan yang bisa membuat para
penonton merasa dekat denganmu. Video perkenalan ini adalah lanjutan dan versi
lebih panjang dari video channel intro yang sebelumnya. Di dalam
video ini, kamu bisa bebas bicara dan merangkai konten tentang segala sesuatu
hal yang akan kamu buat dalam video-videomu di masa mendatang secara spesifik.
Vlog
Vlog atau Video Blog yang menjadi
populer semenjak beberapa tahun lalu ini selalu berhasil menarik banyak
penonton. Apalagi, jika kamu membuatnya dengan editing yang baik
serta hasil visual akhir yang menyenangkan untuk ditonton. Vlog juga biasanya
diisi dengan konten-konten spontan yang biasanya terjadi dalam hidupmu, atau
saat kamu sedang menjalani sebuah event spesial. Sembari
mengabadikannya, sembari membagikan kebahagiaannya ke penonton!
Challenge video
Ada ratusan atau bahkan lebih jenis
dari video challenge yang dapat kamu lakukan. Untuk mendapatkan
inspirasi, kamu bisa langsung mencari sebuah video yang menantang untukmu dan
dekat dengan ketertarikanmu. Saat ini, video-video seperti Mukbang, Makeup
under 100k atau bahkan Try not to laugh challenge video yang
mudah dilakukan ini sering menjadi pilihan tepat bagi para YouTuber yang
sedang naik daun. Joining the bandwagon is never bad!
Review
Video review atau sebuah
video yang meresensi sesuatu juga menarik dan selalu dicari. Kali ini, kamu
bisa lebih mengerucut pada ketertarikanmu karena nantinya, penonton yang
melihat videomu bisa jadi memiliki ketertarikan yang sama denganmu. Misalnya,
sebagai beauty enthusiast, kamu bisa me-review beberapa produk makeup yang
sedang melejit atau bahkan makeup yang underatted untuk
berbagi inspirasi dan pengetahuan tentang produk tersebut secara rinci.
Tour Video
Video yang satu ini bisa kamu eksplor
dengan luas. Lewat bentuk tour video, salah satu video yang selalu ngetren
di YouTube ini bisa membawa para penonton bahkan lebih dekat lagi dengan
kehidupanmu. Berbagai macam tour video telah dilakukan para YouTuber
kondang seperti house/apartment tour, working space tour dan room
tour.
Haul and Collection Video
Dalam ketertarikan yang sudah kamu
pilih, kamu pastinya sudah mulai mengumpulkan beberapa hal yang menjadi
koleksimu. Nah, di dalam video ini, kamu bisa menjelaskan dan menunjukkan pada
para penonton soal koleksi atau barang-barang koleksi yang baru saja kamu
beli. Haul video ini bisa kamu gabungkan dengan unboxing untuk
membagi excitement-nya membongkar packaging dengan subscriber dan
penontonmu!
Reaction Video
Video reaksi banyak disukai oleh para
penonton di YouTube karena relevansinya yang kuat. Reaction video biasanya
dibuat untuk kamu memberikan reaksi secara langsung (merekam dirimu sendiri)
saat melihat sebuah video lain di YouTube. Jadi, di dalam video ini, kamu
seharusnya merespon video lain yang ada dan merekam segala reaksi spontan yang
terjadi.
A day in the life
Seperti namanya, video ini akan
menjabarkan kehidupanmu sehari-hari dengan cara merekam seluruh kegiatan yang
kamu alami dari awal hingga akhir. Semacam reality show-mu sendiri,
penonton akan kamu ajak untuk melewati hari-hari yang biasa kamu lewati dan
merasa dekat dengan kegiatan-kegiatan yang kamu lakukan.
Draw My Life
Bentuk video ini sempat booming beberapa
tahun lalu dan sampai sekarang masih banyak diminati. Untuk video yang satu
ini, kamu ditantang menjadi kreatif dengan menceritakan kisah hidupmu semenjak
kecil lewat gambar-gambar yang kamu buat. Tidak perlu pandai menggambar,
beberapa YouTuber bahkan berhasil membuat video ini dengan gambar
seadanya namun berhasil menarik amat banyak jumlah views.
DIY/Hacks
Bicara tentang kreativitas,
video-video seperti Do It Yourself (DIY) dan Hacks memiliki peminat yang amat
banyak. Apalagi, jika kamu kaitkan dengan keterampilanmu yang ingin diketahui
banyak orang. Lewat video ini, kamu bisa mengedukasi subscriber dan
penontonmu juga lho! Tentunya, dengan menawarkan value yang besar,
video-video seperti ini selalu banyak ditonton!
Tutorial
Yang selanjutnya adalah video
tutorial. Mulai dari cara membuat suatu makeup looks, merakit Gundam,
bermain game, atau apa pun yang memiliki langkah spesifik dan sudah kamu
kuasai bisa menjadi sebuah konten video tutorial yang menarik! Jangan lupa
untuk memberi judul yang juga spesifik, agar lewat search engine YouTube,
videomu dapat terbaca dan ditonton oleh orang yang membutuhkan bantuan tentang
suatu tahapan ya!
Webinar/ Presentation
Edukasi merupakan sebuah konten video
yang tidak mudah dilakukan, mungkin karena kamu membutuhkan bahan yang harus
kamu persiapkan dengan matang terlebih dahulu. Untuk itu, bentuk video Webinar
atau Web Seminar tidak bisa dilakukan dengan spontan. Namun, jika dipersiapkan
dengan baik, value yang ditawarkan ke penonton juga pasti akan besar!
Q & A
Untuk berinteraksi lebih dengan subscriber atau
penonton setiamu, kamu bisa menggabungkan engagement dari dua (atau
lebih) media sosial dalam penggarapan video Question and Answer ini. Jadi,
tahapan yang perlu kamu lakukan adalah melempar sebuah pertanyaan di media
sosial lain seperti Instagram, Twitter atau Facebook untuk para followers-mu
di platform tersebut. Baru setelah itu, kamu bisa menjawab semuanya lewat
sebuah video Q & A! Jangan lupa untuk mencantumkan nama orang yang
bertanya, karena mereka pasti akan lebih mengapresiasinya.
Parody videos
Nah, yang terakhir adalah video
parodi. Jika kamu tertarik untuk membuat respon dari sebuah video, pilihan
lainnya selain membuat video reaksi adalah untuk menggarap video parodi. Dengan
menyelipkan banyak lelucon di dalam video ini, kamu bisa berkreasi dan
membuatnya lewat versimu sendiri. Persiapannya memang cukup rumit, namun, dalam
YouTube, tidak ada yang tidak mungkin! Dengan budget rendah dan kreativitas
tinggi, kamu bisa membuatnya!
Nah, jika kamu sudah berhasil
membangun akun YouTube, berkarya dengan konsisten di dalamnya dan berpotensi
melakukan kerja sama dengan brand, mengapa tidak mengembangkan sayap dengan
lebih maksimal?
Komentar
Posting Komentar