How To Make Lettering

pretty in pink study note inspiration ★·.·´¯`·.·★ follow @motivation2study for daily inspiration

Sebelumnya kalian tau tidak apa itu lettering?

Jadi,Lettering itu adalah suatu kegiatan menulis dengan kreativitas kita,untuk mempertegas arti simbol-simbol yang ada.Pada dasarnya, hand lettering adalah menggambar huruf dan tulisan dengan menggunakan dasar-dasar teknik menulis untuk membentuk huruf dan kata-kata yang jika digabungkan akan membentuk komposisi nan indah.

Setiap huruf memiliki karakternya masing-masing. Selain itu, kamu juga bisa memvariasikan font-nya agar hasil hand lettering-mu menjadi lebih unik dan menarik. Kelihaianmu dalam hand lettering bisa banget dimanfaatkan untuk membuat studyblr.

Studyblr merupakan teknik belajar sedang populer saat ini. Studyblr membuat proses belajar jadi lebih mudah dan seru, karena materi pembelajaran dikemas secara menarik dari segi tulisan, gambar, warna, dan komponen desain lainnya. 😯

Hand lettering dan studyblr merupakan dua hal yang saling berhubungan erat satu sama lain. Keduanya sama-sama cenderung menonjolkan tipografi yang dipercantik dengan berbagai macam alat tulis.

Perbedaan Hand Lettering dan Kaligrafi


apuntes cefyl    

Menurut saya,menulis itu kegiatan yang menyenangkan.sama halnya dengan melukis,kadang saya juga menyempatkan waktu untuk menulis sebagai hobi saya,Tulisan juga bisa di jadikan lukisan lho.Kita bisa menulis dengan kreativitas kita.Nah yang akan saya jelaskan itu mengenai lettering atau menulis dengan kreativitas.

Mengapa Belajar Hand Lettering itu Menyenangkan?

Tak dapat dimungkiri, hand lettering benar-benar sedang naik daun, terutama buat kamu yang suka dengan konten aesthetic. Semuanya bukan tanpa alasan, karena ternyata ada beberapa penyebab mengapa teknik menulis yang satu ini banyak digemari. Berikut adalah beberapa alasannya, GenK:

Memberikan feeling pada tulisan. Jika kamu melihat kata-kata mutiara yang menggugah hati, tulislah kembali menggunakan teknik hand lettering untuk memberikan feeling yang lebih mendalam dari keindahan seni menggambar tulisan. 

Ketidaksempurnaan dianggap sebagai seni. Ketika kamu membuat desain tulisan menggunakan digital, semuanya akan presisi dan terlihat sempurna. Lain halnya ketika kamu menggambar tulisan pakai tangan, di mana sangat mungkin terjadi kesalahan dan tidak presisi. 

Mengutamakan style gambar. Setiap desainer atau ilustrator pasti punya style gambar. Di dalam seni menggambar tulisan, style gambar sangatlah diperlukan untuk membedakan antara tulisan satu dengan lainnya. Berikan sentuhan dengan menambahkan elemen khusus agar tulisan buatanmu semakin seru dan bikin nagih dipandang mata.

Bisa dibuat oleh siapapun. Kamu bukan desainer? Bukan pula ilustrator? Gak masalah, karena siapapun bisa menggambar tulisan jika ada kemauan belajar dan tentunya punya hand lettering kit yang memadai. 


                                          hand lettering 3  

       Nah diatas merupakan alat-alat yang digunakan untuk lettering lho teman-teman :

  1. Pensil, digunakan untuk membuat sketsa dasar. Kamu tidak tidak perlu membeli yang mahal, pena seperti Faber-Castell pun bisa kamu gunakan, GenK. Pilihlah jenis pensil lembut (B/Black) untuk menghasilkan value yang lebih tebal.
  2. Penghapus, untuk menghapus tulisan saat membuat sketsa dan tahap finishing.
  3. Paper Mate Flair Pen, untuk membuat dasar garis tulisan.
  4. Drawing pen, juga berguna untuk membuat dasar garis tulisan atau memberikan kesan seperti brush. 
  5. Spidol, kalau alat gambar yang satu ini pasti sudah punya, dong? Fungsi spidol dalam hand lettering adalah untuk memberikan warna-warna pada tulisan.
  6. Highlighter, merupakan alat tulis untuk meng-highlight bagian kata atau kalimat penting. Kalau di menggambar tulisan, highlighter berfungsi sebagai alat untuk faux lettering.
  7. Small brush pen, kalau yang ini pena berbentuk seperti brush dengan ujung pena berukuran kecil.
  8. Large brush pen, nah yang ini pena berbentuk seperti brush dengan ujung pena berukuran besar. 
  9. Kertas, carilah kertas berukuran tebal dan tekstur permukaannya lembut, misalnya cardstock.
  10. Tracing paper, digunakan untuk latihan merangkai huruf dan mengingat tebal tipis setiap jenis huruf.

Cara Membuat Hand Lettering

Sekarang saatnya belajar cara membuat hand lettering. Buat kamu yang masih pemula tidak perlu khawatir, karena kami akan membagikan dasar-dasar membuat garis huruf, GenK. Yuk mulai ke cara yang pertama! 😉

1. Latihan membuat upstrokes

upstrokes dan downstrokes
Upstrokes dan downstrokes (sumber: projects.thepostathens.com)

Upstrokes dan downstrokes (sumber: projects.thepostathens.com)

Kamu harus pemanasan dulu jari dulu, GenK, caranya dengan latihan membuat upstrokes atau membuat garis dari bawah ke atas. Ambil satu lembar kertas kosong berbahan tebal dan satu buah brush pen berukuran kecil, kemudian mulai buat garis-garis memanjang dari bawah ke atas. Buat sebanyak-banyaknya sampai kamu terbiasa.

2. Lanjut latihan membuat downstrokes

Cara membuat hand lettering yang berikutnya adalah dengan latihan membuat downstrokes atau membuat garis dari atas ke bawah. Buatlah garis-garis memanjang dari atas ke bawah sampai akhirnya tanganmu terbiasa membuat downstrokes. Ukuran downstrokes akan lebih tebal daripada upstrokes, karena penekanan brush-nya juga lebih ekstra.

3. Membuat garis sambung upstrokes dan downstrokes

Jika sudah mahir membuat garis upstrokes dan downstrokes, sekarang cobalah untuk membuat keduanya dalam bentuk rangkai. Atas-bawah dan bawah-atas terus sampai kamu terbiasa.

4. Mulai menulis huruf

hand lettering 5

Sekarang saatnya menulis huruf, dimulai dari huruf A sampai Z. Buatlah secara perlahan dan jangan takut salah, GenK. Fungsinya supaya tangan kamu tidak kaku ketika membuat huruf rangkai. Sebenarnya hand lettering tidak melulu menulis huruf rangkai kok, hanya saja yang menjadi populer di kalangan kawula muda adalah jenis huruf rangkai yang terlihat indah ketika dibaca. 

5. Gunakan bantuan tracing paper

Jika menulis huruf rangkai terasa sulit bagimu, gunakan bantuan tracing paper untuk menjiplak huruf. Caranya adalah dengan meletakkan tracing paper di atas huruf yang ingin kamu jiplak, bisa dari buku ataupun internet. Kertas tracing dirasa sangat cocok untuk latihan menggambar huruf karena tekstur permukaan kertasnya yang halus ketika terkena goresan brush pen.

6. Mempelajari faux lettering

faux lettering

Dalam membuat hand lettering, kamu mesti mempelajari tentang faux lettering. Mungkin kamu masih dengan istilah yang satu ini. Faux lettering adalah teknik yang digunakan untuk membuat tulisan seperti efek brush tanpa menggunakan brush pen yang seharusnya. 

Teknik ini umumnya digunakan jika kamu tidak memiliki brush pen, GenK. Cukup menggunakan pena, spidol, atau drawing pen kamu dapat membuat efek seakan-akan tulisan dibuat menggunakan brush pen.

Nah jadi itu tadi penjelasan dari saya. Terima kasih sudah membaca. SEE YOU GUYS......

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Memberikan Self Reward

Karier, Content Creator ?

5 Makanan Bikin Kangen Saat Lebaran