Tips Produktif Di Rumah
Salah satu keterampilan paling berharga yang wajib Anda miliki dalam hidup adalah manajemen waktu yang efektif. Apabila Anda tidak mengelola waktu dengan baik, maka dapat dipastikan bahwa Anda tidak akan mencapai tujuan yang direncanakan.
Jadi jika Anda serius ingin mencapai tujuan Anda, cobalah untuk mengatur manajemen waktu yang dimiliki menjadi lebih efektif. Lalu bagaimana caranya? simak berikut ini ya !
1. Tetapkan tujuan dengan jelas
Menetapkan tujuan dengan jelas akan membuat Anda memahami dengan jelas mengapa Anda harus mencapai tujuan yang telah dibuat.
2. Temukan sistem manajemen waktu yang baik
3. Rincikan waktu Anda selama tujuh hari berturut-turut
Pada hari terakhir dalam tujuh hari, hitung semuanya, dan lihat dimana Anda menghabiskan sebagian besar waktu yang ada?
4. Ikuti aturan 80-20
Tip manajemen lain yang hebat adalah dengan menggunakan Aturan 80-20, yang juga dikenal sebagai Prinsip Pareto. Aturan ini menyatakan bahwa 80% dari upaya tersebut berasal dari 20 persen hasilnya.Dalam penjualan, itu juga berarti bahwa 80 persen penjualan berasal dari 20 persen pelanggan. Trik-nya? Kenali 20 persen usaha yang menghasilkan 80 persen hasil. Anda dapat melakukan ini dengan teliti dalam melakukan pelacakan dan analisis.
5. Masukkan kebiasaan kunci ke dalam hidup Anda
Charles Duhig dengan pedih menciptakan kebiasaan kunci dalam bukunya yang berjudul, The Power of Habit. Dalam arsitektur, batu kunci adalah batu yang menampung semua batu lainnya.Demikian pula, kebiasaan kunci tidak hanya membantu membentuk kebiasaan baik lainnya, tapi juga membantu menghilangkan kebiasaan buruk juga.Fokus pada kebiasaan utama dan Anda akan menjadi lebih baik dalam mengelola keseluruhan waktu Anda dengan membuat pengembangan kebiasaan Anda menjadi lebih mudah.
6. Matikan notifikasi media sosial
Cobalah untuk mematikan notifikasi, karena Anda tidak memerlukannya setiap saat hanya untuk sekedar mengetahui segala sesuatu yang terjadi dengan teman Anda. Hal ini bukanlah hal yang penting. Ingatlah bahwa Anda harus menggunakan waktu dengan berharga.
Ingatlah, waktu adalah sebuah aset yang sangat berharga dan tidak akan pernah kembali lagi. Intinya adalah pastikan Anda melakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan dan itu mengarah pada jenis kehidupan dan bisnis yang Anda inginkan.
7. Hilangkan kebiasaan buruk
Salah satu pemboros waktu terbesar yang kita miliki adalah kebiasaan buruk kita. Entah itu terlalu banyak membuka media sosial, bermain game, pergi minum bersama teman, atau hal-hal lainnya tanpa disadari telah menghabiskan waktu berharga yang Anda miliki.Gunakan waktu Anda dengan bijak dengan menghilangkan kebiasaan buruk Anda jika Anda ingin secara serius mencapai tujuan besar dalam hidup.
8. Seringlah istirahat saat bekerja
Pernyataan tersebut tentunya benar, akan tetapi tahukah Anda bahwa tubuh dan otak kita akan menjadi lebih produktif apabila memiliki istirahat sejenak?
Jangan memaksa diri untuk terus bekerja tanpa henti. Ambil waktu sejenak untuk sekedar beristirahat, dan kembalilah bekerja di saat Anda telah merasa pulih dari keletihan.
Komentar
Posting Komentar